Waspada Mom, Inilah Gejala Depresi Pada Anak

Depresi memang biasa nya terjadi pada orang dewasa yang sedang mengalami tekanan atau beban pikiran yang berlebih. Namun tanpa disangka ternyata anak anak juga dapat mengalami depresi di usia nya mereka yang masih belia. Anak dapat depresi bila anak mendapatkan tekanan yang terlalu akibat dari pola asuh yang diberikan orang tua nya.

Seiring berkembang nya pertumbuhan anak, mereka akan cenderung memiliki suasana hati yang akan sering berubah ubah atau biasa disebut dengan istilah moody an. Seperti dalam beberapa waktu mereka akan merasa rasa sedih, marah, senang lalu tiba tiba mereka menjadi merasa baik baik saja.

Bila anak mengalami rasa kesedihan yang cukup dalam serta lama lalu merasa cemas yang berlebihan dan berfikir secara berlebihan ini dapat membuat anak menjadi mudah depresi. Anak yang mengalami depresi dapat ditunjukan dengan tanda gejala sebagai berikut:

  1. Anak yang mengalami depresi akan kesulitan untuk tidur
  2. Anak sering merasa sedih serta hampa bahkan sampai anak lebih memilih untuk menyendiri dibandingkan dengan bermain bersama teman nya atau pun sekedar mengobrol bersama orang tua.
  3. Anak kesulitan untuk berfikir secara kritis dan sulit berkonsentrasi kepada pada suatu hal yang berada di depannya atau yang berada di sekitarnya.
  4. Anak yang sedang mengalami depresi biasanya kan lebih mudah tersinggung hingga sampai mengamuk.
  5. Anak mengalami penurunan nafsu makan secara drastis karena anak menganggap semua makanan itu tidak enak. Namun juga tidak menutup kemungkinan nafsu makan anak akan naik dengan drastic dengan alasan makan membuat dirinya merasa lebih tenang.
  6. Anak yang mengalami depresi akan sering menunjukan gejala lemas, kurang bersemangat dan akan lebih suka bermalas malas atau tiduran di kamar nya.
  7. Anak yang mengalami depresi berat dapat menjadi membenci dirinya sendiri hingga mereka akan mencoba untuk mengakhiri ataupun mencelakai dirinya sendiri.
  8. Anak yang mengalami depresi hebat juga terkadang mengalami kegelisahan yang sangat hebat. Sering mondar mandir tanpa hal yang jelas, melakukan sesuatu yang sangat tidak penting dan juga sering membuat komentar sinis terhadap dirinya sendiri.

Namun perlu untuk diketahui bahwa gejala depresi pada anak itu tanda nya akan berbeda beda. Beberapa kasus anak yang mengalami depresi juga masih bisa untuk membaur dengan lingkungan soail disekitarnya. Tetapi juga banyak anak yang mengalami depresi mengalami perubahan aktifitas sosial nya yang sangat mencolok.

Bila anak memang menunjukan gejala dari tanda depresi dan telah terjadi sekitar hampir dua minggu, sebaiknya anda memeriksakan si kecil ke dokter untuk memastikan kesehatan mental anak.

Walau sebenarnya tidak ada tes khusus yang dapat menunjukan depresi pada anak dengan secara jelas, namun dengan menggunakan alat seperti kuisioner serta wawancara dari seorang dokter spesialis kejiwaan dan dilakukan dengan teliti serta berhati hati dapat membantu membuat diagnosis yang bisa dikatakan telah akurat.

Namun pada dasar nya bila anak sedang mengalami depresi obat yang digunakan untuk pengobatan nya seperti dengan depresi yang terjadi pada orang dewasa.

Biasanya juga akan melakukan psikoterapi atau sering disebut dengan konseling dan juga pengobatan merupakan metode yang akan paling efektif untuk mengobati depresi yang terjadi pada anak.

Janganlah ragu untuk berkonsultasi kepada dokter anak anda agar anak dapat ditangani secara cepat dan tepat.