Ajari Si Kecil Mengenal Tubuhnya Sendiri

Saat ini banyak berita mengenai pelecehan seksual yang terjadi pada anak sehingga membuat para orang tua menjadi khawatir. Salah satu cara agar kejadian ini tidak terjadi di kehidupan kita, ajaklah si kecil untuk mengenali tubuhnya sendiri dan beri penjelasan mengapa dia harus menjaganya.  

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan Pendidikan seks pada si kecil? Jawaban dari pertanyaan itu ialah setiap waktu adalah tepat. Semua kesempatan dapat digunakan menjadi momen ketika anda membicarakan dengan si kecil dan tentu pembelajarannya tergantung usia dan tahap perkembangannya. Berikut beberapa tahap si kecil mengenal tubuhnya sendiri:

  • Anak Prasekolah : Mengenal Tubuhnya Sendiri

Ketika memasuki masa prasekolah anak belum terlalu membutuhkan jawaban detail dan belum memerlukan alasan yang rumit. Di masa prasekolah ini pendidikan seks lebih pada pengenalan perbedaan organ laki-laki dan organ perempuan serta apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Saat bersama merupakan momen penting untuk memperkenalkan, misal seperti ketika melihat ibu hamil anda dapat menjelaskan mengenai adanya bayi yang ada di dalam perut. Ketika mandi jelaskan tentang perbedaan anatomi keduanya.

Saat ini juga dapat menjadi saat yang tepat untuk mengenalkan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Missal pada bagian yang tertutup itu tidak boleh dipegang oleh orang lain kecuali ibu atau pengasuh disaat sambal memakaikan pakaian dalam anak. Jelaskan juga pada anak orang-orang yang dapat melihat organ tubuhnya dan organ yang tidak boleh.

  • Anak Sekolah Dasar: Bersikap Terbuka

Dimasa ini anak sudah membutuhkan jawaban yang lebih detail. Orang tua dapat bersikap lebih terbuka dan tidak reaktif terhadap segala bentuk pertanyaan dari anak.

Misal bila anak cowo anda bertanya mengenai “burungnya” kenapa bangun di pagi hari, anda bisa menjawab dan menjelaskan bahwa organ itu bernama penis dan bisa mengeras ketika sedang tidur atau jika disentuh dengan nama lain ereksi.

Hal ini terjadi bila pembuluh darah di penis terisi darah dan bisa terjadi ketika tubuh benar-benar sedang rileks yaitu ketika sedang tidur, ketika bermimpi “basah” dan bila disentuh.

Penjelasan mengapa serta bagaimana akan paling tepat dijelaskan pada masa ini. Kegiatan sehari-hari seperti menonton film dapat diambil hikmah kejadiannya untuk dijadikan masa emas dalam menjelaskannya.

  • Anak Remaja: Tertarik Lawan Jenis

Disaat masa ini anak mulai membandingkan satu sama lain, seperti membandingkan bentuk badan atau mungkin ukuran payudara. Di masa ini juga anak mulai menunjukan ketertarikannya dengan lawan jenis.

Momen ini sangat tepat untuk menjelaskan sebab dan akibat mengenai hubungan seks. Anak dapat diajarkan tanggung jawab serta risiko dari perbuatannya seperti terjadi kehamilan di luar nikah atau infeksi yang akan di tularkan lewat hubungan seksual dan yang lainnya.

Sebuah peneliti dari American Academy of Pediatrics membagi berbagi tips tentang pendidikan seks. Pendidikan seks itu perlu dilihat sebagai perspektif seumur hidup. Selaraskan pendidikan seks dengan norma, sikap keluarga serta nilai yang berlaku di masyarakat.

Anda dapat menjelaskan kepada anak anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak dan sesuaikan dengan tingkat perkembangan si kecil atau remaja.

Anda dapat menggunakan istilah yang tepat untuk bagian anatomi serta jangan menganggap itu sebagai hal yang tabu. Missal seperti organ laki-laki itu bernama penis sedangkan untuk organ perempuan bernama vagina. Bayi dapat terbentuk dari pertemuan sperma dan sel telur. Dan sebagainya yang akan disesuaikan dengan umur si kecil.